5 Tips Anak Biar Bisa Tidur dengan Nyenyak dan Tidak Cranky

tips anak

Cuitbabywear.com – Sebenarnya cukup sulit membuat anak mau cepat tidur. Tapi CUIT coba rangkumkan informasi seputar tips anak agar mau tidur tepat waktu dan nyenyak di malam hari.

Mom pasti sudah paham kalau tidur adalah salah satu hal penting bagi semua orang, tidak terkecuali anak-anak. Tapi terkadang hal itu sulit diwujudkan lantaran mereka sering diliputi energi melimpah yang membuatnya enggan tidur tepat waktu. Saat Mom sudah lelah dan kantuk tidak tertahankan tapi si kecil anteng bermain dan secara tidak langsung membuat anak mengalami insomnia, di situlah Mom harus memutar otak untuk menemukan tips anak agar dapat tidur tepat waktu dan nyenyak.

1. Buat Suasana Kamar Senyaman Mungkin

Tips anak agar mau tidur cepat yang bisa Mom lakukan, pertama, adalah buat suasana kamar yang nyaman baginya. Suasana kamar tidur yang nyaman sangat berperangaruh pada cepat atau tidaknya anak tidur lho, Mom. Nah, sebelum Mom mengajak anak tidur, ciptakan suasana kamar yang memicu rasa kantuk.

Di antaranya adalah mematikan televisi agar tidak ada suara bising, menyalakan mode senyap pada ponsel, dan jauhkan anak dari hal-hal yang membangkitkan energi anak untuk bangun. Matikan lampu jika si kecil tidak punya masalah dengan kamar gelap. Tips anak agar cepat tidur yang sederhana ini bisa Mom terapkan sebagai langkah awal membangun kebiasaan tidurnya.

2. Buat Jam Tidur yang Tepat

Foto: Fxfuel

Tips anak agar ia mau tidur tepat waktu dan nyenyak berhubungan dengan ritme tidur yang konsisten. Hal ini dapat mencegah anak mengalami insomnia kelak. Nah, untuk mengatasinya Mom perlu menetapkan jam tidur yang tepat bagi si kecil. Usahakan ia dapat tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya. Ini berlaku pula di hari libur. Jika hal ini dilakukan secara konsisten, Mom bisa sekaligus melatih anak tentang konsistensi melalui kegiatan sehari-hari.

3. Batasi Jam Tidur Siang

Nah, tips anak agar mau dapat tidur nyenyak selanjutnya adalah membatasi jam tidur siangnya. Dengan membatasi jam tidur anak di siang hari, Mom akan lebih mudah membuat anak tidur cepat di malam hari lantaran si kecil menghabiskan energinya lebih banyak di saat siang. Tidur siang adalah hal yang penting bagi anak. Pasalnya kegiatan ini dapat mengembalikan kondisi fisik dan mental si kecil. Dampaknya, ia akan beradaptasi dengan mudah dan mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. Lamanya anak tidur di siang hari rata-rata adalah 1-2 jam setiap harinya.

4. Lakukan Hal Sederhana

Ada kalanya anak masih belum bisa tidur meskipun Mom sudah mematikan lampu si kecil sudah berada di tempat tidur selama 20 menit. Jika Mom masih melihat anak melek, saatnya mengeluarkan jurus selanjutnya, yaitu melakukan hal sederhana bersama. Mom bisa membacakan sebuah buku cerita, mengobrol hal-hal kecil seputar kegiatan anak di hari itu sambil berbaring bersama si kecil sampai ia mengantuk. Tips anak agar ia tidur nyenyak berikut ini sekaligus akan membangun kedekatan yang lebih erat bersama si kecil.

Baca juga: Ibu Hamil dan Menyusui Ini 6 Kriteria Baju yang Nyaman Untuk Dipakai

5. Ciptakan Rutinitas Sebelum Tidur

 

Membuat rutinitas sebelum tidur adalah tips selanjutnya yang bisa Mom lakukan untuk membuat anak tidur nyenyak. Mom bisa mengajarkannya untuk tertib dengan menciptakan rutinitas sebelum anak beranjak ke tempat tidur, misalnya dengan mewajibkan mencuci kaki dan tangan, menggosok gigi, dan berdoa atau membacakan cerita. Tips anak yang satu ini akan lebih cepat merangsang rasa kantuk si kecil.

Selain rutinitas di atas, ada lho sebagian orang yang baru bisa tidur saat ia mengenakan piyama. Nah, Mom bisa terapkan tips ini Jika si kecil kesulitan tidur. Coba ganti pakaian si kecil dengan piyama yang lebih nyaman. Berdasarkan penelitian tentang tidur menyebutkan bahwa pakaian yang nyaman akan membuat tidur lebih nyenyak. Oh, ya, pakaian tidur yang nyaman tidak harus mahal kok, Mom. Di Cuit Babywear, Mom akan menemukan banyak pilihan piyama dengan bahan yang super nyaman dan terjangkau harganya.

CUIT punya signature pada pakaian yang diproduksi berupa bahan yang dirancangan dengan menggunakan teknologi Hi-Breath. Hi-Breath adalah sebuah teknologi yang mengutamakan kenyamanan, sehingga si pemakaianya akan tetap merasa nyaman tanpa khawatir merasa gerah dan bau keringat saat beraktivitas. Yuk, buat si kecil tidur dengan nyenyak dengan tips yang telah CUIT paparkan di atas. Selamat mencoba, Mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.