5 Tips Memilih Baju Anak untuk Si Kecil yang Pemilih

baju anak

Cuitbabywear.com – Sering kejadian ada anak yang enggan mengenakan baju lain selain baju favoritnya. Karena anak kadung suka dengan baju tersebut, ia sampai rela menunggu baju kesayangannya kering. Tidak jarang saat bepergian dan bermain, anak hanya mau mengenakan baju yang sama.

Jengkel ya, mom? Tapi membujuk anak untuk mau mengenakan baju lain itu tidak cukup dengan kata-kata. Mom perlu trik khusus agar si buah hati mengalihkan perhatian pada baju lain yang mom pilihkan. Nah, CUIT punya tips khusus untuk menghadapi persoalan yang tampak sederhana ini. Berikut ini informasinya.

1. Memahami Karakter Anak

Baju itu menggambarkan karakter si pemakai. Hal itu sudah sering kita dengar, bukan? Karakter anak ada kaitannya dengan sesuatu yang ia sukai. Begitu pula pada baju yang dipilihnya. Karenanya, jika Mom pusing dengan tingkah anak yang hanya memfavoritkan satu baju saja, sebaiknya Mom pahami terlebih dahulu karakter anak.

Pasti ada alasan kenapa anak lebih memfavoritkan satu baju dibandingkan dengan baju-baju lainnya yang telah Mom belikan. Cari tahu alasan-alasan mengapa anak menyukai baju tersebut, apakah karena gambar karakternya? Karena warnanya? Atau karena bahannya yang nyaman?

2. Sediakan Alternatif Baju Lain

Jika Mom sudah mengerti alasannya, berilah ia penjelasan bahwa baju tersebut perlu dicuci agar bebas bakteri, kotoran dan kuman sehingga tidak akan menimbulkan gatal-gatal, lalu jelaskan pula bahwa baju harus disetrika agar rapi dan terlihat menarik dikenakan dan disimpan terlebih dahulu di lemari. Ajari ia untuk sabar menunggu selama beberapa hari sebelum baju tersebut boleh dikenakan lagi.

Selagi meminta si kecil untuk menunggu, Mom dapat memberinya alternatif baju lain yang mungkin akan disukainya. Misalnya baju dengan motif atau gambar karakter yang sama tapi denga warna yang berbeda atau Mom bisa menunjukan padanya baju anak dengan gambar karakter lain yang mungkin akan ia sukai.

Berdasarkan penjelasan dari psikolog anak, anak cenderung menyukai baju dengan gambar karakter yang sama. Namun, seiring usianya bertambah karakter favoritnya itu akan terus berubah dan mungkin saja ia berhenti menyukai satu karakter ketika ia menginjak usia tertentu. Oleh sebab itu, Mom harus memahaminya.

3. Pilihkan Baju yang Sesuai dengan Kondisi

Perkara menghadapi anak yang hanya ingin mengenakan baju favoritnya saja bisa bikin Mom emosi, ya. Tapi melarangnya dengan keras bukanlan solusi. Berilah respon yang halus dan positif dengan memberikan pujian saat ia mau memilih baju sendiri.

Ajari anak untuk mengkategorikan pakaian yang boleh ia gunakan di kesempatan yang berbeda, misalnya pakaian yang mana yang pantas dipakai untuk acara formal, untuk jalan-jalan dan bersantai di rumah. Mengajari anak untuk mengkategorikan pakaian akan melatih anak berinisiatif dalam menyesuaikan baju yang pantas dikenakan di kondisi dan kesempatan yang berbeda. Akan jauh lebih efektif lagi jika Mom mencontohkan langsung proses ini sehingga ia tertarik dan mau menirunya.

Baca juga: Ibu Hamil dan Menyusui Ini 6 Kriteria Baju yang Nyaman Untuk Dipakai

4. Ajak Anak Memperhatikan Sekitar

Selanjutnya, Mom dapat mencontohkan teman si kecil atau anggota keluarga lain yang tidak memiliki selera yang sama dengan buah hati Mom (hanya mau mengenakan baju yang itu-itu saja). Bujuklah ia dengan cara yang halus dan unik yang dapat menarik perhatian melirik baju-baju lain yang ia miliki.

Mom bisa memberikan kata-kata yang membuatnya semangat, seperti, “Indra sering pakai baju A kalau ia pergi dengan mamanya, dan ia kelihatan keren. Kita cari yuk baju lainnya di lemari. Adek pasti kelihatan keren pakai baju itu.”

5. Bujuk Anak Untuk Untuk Memilih Baju Lain Sebagai Favoritnya

Terakhir, bujuklah anak untuk memilih lebih dari satu pakaian favoritnya. Dengan menambah jumlah pakaian favorit anak, Mom akan lebih mudah untuk membujuk anak mau mengenakan baju lainnya. Mom dapat menambah terus jumlah baju-baju yang mungkin akan disukainya dengan menunjukan banyak pilihan yang lebih beragam.

Ajak anak untuk melihat bahwa ada banyak baju-baju lainnya dengan motif, warna dan gambar yang beragam yang tidak kalah menarik dari baju kesayangannya.

Sebagai contoh, Mom dapat menunjukan koleksi dari Cuitbabywear.com. Pilih kategori Kids, Family dan Toddler dan biarkan si kecil memilih langsung baju yang sesuai dengan seleranya. Mom hanya perlu memberikan penjelasan akan baju yang pantas dikenakan di kondisi tertentu, misalnya baju untuk bermain haruslah yang terbuat dari bahan adem dan menyerap keringat seperti produk CUIT dengan teknologi Hi-Breath-nya. Karena adanya teknologi ini, baju yang dikenakan tidak akan terasa gerah dan tidak nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.