8 Tips Merawat Newborn yang Wajib Diketahui Oleh Moms!

newborn

Cuitbabywear.com – Setelah sembilan bulan berada dalam kandungan, kini yang ditunggu-tunggu kehadirannya sudah lahir ke dunia. Kebahagian Mom dan keluarga pasti tak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Pengalaman pertama sebagai ibu untuk newborn mungkin membuat Mom khawatir dan bingung.

Meskipun Mom sebelumnya sudah banyak membaca buku tentang cara merawat newborn, begitu berhadapan langsung, kemungkinan rasa khawatir dan takut itu pasti ada. Kalau Mom masih merasa bingung dan khawatir tentang cara merawat bayi yang baru lahir, Mom bisa coba ikuti tips yang dirangkum dari beberapa sumber, salah satunya Ikatan Dokter Anak Indonesia.

1. Tidur

Waktu total bayi tidur dalam sehari bisa mencapai 20 jam. Waktu ini terbagi jadi beberapa periode waktu tidur dari 20 menit sampai 4 jam. Agar newborn bisa tidur dengan nyaman, pastikan kamar memiliki suhu yang sejuk, jangan terlalu dingin ataupun terlalu panas. Pastikan juga kamar bayi memiliki ventilasi juga cahaya yang cukup.

Ketika menidurkan bayi, posisi yang dianjurkan adalah posisi telentang. Tujuannya agar mencegah terjadinya sudden infant death syndrome alias sindrom kematian mendadak bayi, Mom. Hal lain yang harus diperhatikan Mom adalah tempat tidur bayi. Pilihlah alas tempat tidur yang rata juga nggak terlalu lembut. Oh ya, Mom, hindari juga pemakaian benda yang bisa menutup kepala bayi.

2. Merawat tali pusat

Foto: Donald Trung/Wikimedia Commons

Sesudah tali pusat newborn dipotong, bagian tersebut mungkin perlu diolesi menggunakan cairan antiseptik klorheksidin ataupun antiseptik lainnya. Kemudian biarkan tali pusat bayi terbuka dan mengering dan tak perlu dikompres pakai kasa yang memiliki kandungan cairan antiseptik.

ketika akan merawat tali pusat, pastikan Mom sudah cuci tangan dulu dan hindari untuk mengoleskan sesuatu pada tali pusat. Pastikan tali pusat tidak basah dan tidak kena air seni juga kotoran bayi. Kalau tali pusat bayi terlihat kotor, Mom hanya perlu mencucinya menggunakan air dan sabun, lalu kemudian keringkan menggunakan kain bersih.

Jangan coba-coba untuk melepaskan tunggal pusat, biarkan lepas dengan sendirinya. Kalau ternyata tali pusat newborn mengalami infeksi, misalnya terlihat kemerahan ataupun bengkak, juga mengeluarkan bau tak sedap dan bernanah, segera periksakan ke dokter, ya Mom. Jangan tunggu lagi!

3. Menyusui

Newborn baby harus diberi makan setiap 2 sampai 3 jam, yang berarti Mom harus menyusui bayi 8-12 kali dalam 24 jam. Selama 6 bulan pertama, bayi harus diberi ASI saja. ASI mengandung nutrisi penting dan antibodi yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan pertumbuhan bayi. Susui bayi setidaknya selama 10 menit. Pegang payudara di dekat bibir bayi sampai bayi menempel dengan kuat dan mulai mengisap. Kalau bayi sudah menempel dengan benar, Mom tidak akan mengalami rasa sakit pada puting. Indikasi bahwa bayi mendapatkan cukup ASI adalah payudara akan terasa kurang penuh.

Baca jugaPenting! 6 Tips Menjaga Kesehatan Ibu Pekerja Ala CUIT

4. Memandikan bayi

Bayi baru lahir tak perlu dimandikan karena mereka masih mempunyai lapisan pelindung yang seperti lemak dengan warna keputihan. Fungsi lapisan pelindung itu untuk menjaga suhu newborn. Barulah sesudah 6 jam, bayi bisa dilap dengan air hangat. Bukan dimandikan lho, ya! Kalau tali pusat belum lepas, Mom hanya bisa mandikan dedek bayi memakai kain lap atau spon saja. Sesudah tali pusatnya lepas, Mom baru bisa memandikannya dengan dimasukan ke dalam air. Pastikan kepalanya tidak terendam air, ya.

Air yang digunakan untuk memandikannya harus air yang hangat-hangat kuku. Selain itu, gunakan juga sabun dan sampo yang untuk khusus bayi. Waktu mandi yang tepat untuk newborn itu tidak terlalu pagi juga tidak terlalu sore. Ketika memberikan perawatan pada kulit bayi, usahakan untuk meminimalkan penggunakan zat-zat yang digunakan langsung pada kulit sebab kulit bayi masih sensitif sekali.

5. Buang Air Kecil (BIK) dan Buang Air Besar (BAB)

Normalnya dalam 24 jam pertama bayi akan BIK dan untuk akan BAB dalam 48 jam pertama paling telatnya. Kalau newborn Mom tidak melakukan BIK dan BAB dalam kurun waktu tadi, segera lakukan pemeriksaan. Selanjutnya per hari bayi akan BAK 5-6 kali serta BAB 3-4 kali. BAK yang baik itu warnanya jernih dan tidak berwarna pekat, sementara warna BAB akan mengalami perubahan dari warna hitam pekat jadi hijau sebelum akhirnya berubah warna jadi kekuningan pada kira-kira usia 5 hari.

Kalau newborn BAB-nya tidak mengalami perubahan warna BAB, segera lakukan evaluasi kecukupan asupan ASI. Bila Mom mendapati darah pada kemaluan bayi perempuan di awal-awal kelahiran, jangan khawatir, Mom. Hal tersebut dikarenakan bayi masih dipengaruhi oleh hormon ibu. Keadaan ini dianggap masih normal.

6. Gumoh

Foto: Piqsels

Gumoh alias sendawa itu beda dengan muntah. Biasanya gumoh terjadi secara pasif dan akan keluar dengan sendirinya. Agar newborn tidak mengalami gumoh, sendawakan bayi. Letakkan bayi pada posisi tegak di bahu ataupun di pangkuan. Sesudah itu punggung bayi ditepuk-tepuk ringan tiap kali bayi selesai menyusu.

7. Pakaian bayi

Ketika memilih pakaian bayi, pastikan bahan untuk pakaian tersebut lembut, tidak kaku, dan menyerap air. Pakaian yang perlu dibutuhkan bayi, atasan, celana atau popok dan selimut. Kalau kedinginan bisa dipakaikan topi. Mom bisa cek koleksi CUIT untuk pakaian bayi yang aman dan nyaman. Pakaian bayi yang diproduksi CUIT berbahan super soft Signature cotton yang pastinya sudah tersertifikasi SNI. Selain itu bahannya juga mempunyai teknologi hi-breath jadi bahannya pasti super lembut adem juga quick dry. Dijamin bakal bikin newborn nyaman beraktivitas seharian.

8. Membersihkan popok

Mengganti popok adalah salah satu aspek penting ketika merawat newborn setelah melahirkan. Jika bayi Mom mendapatkan ASI atau susu formula yang cukup, baby akan mengompol setidaknya 6 hingga 8 kali dalam sehari, bersama dengan buang air besar yang teratur. Ganti popoknya sesering mungkin, segera setelah terasa penuh. Bahkan mungkin Mom harus menggantinya setidaknya 10 kali sehari. Ketika membersihkan kemaluan bayi, lakukan dari bagian depan ke arah belakang memakai kapas yang telah dibasahi menggunakan air bersih. Bisa juga menggunakan handuk basah.

Jadi itulah yang perlu Mom perhatikan ketika merawat newborn. Mungkin di awal-awal masing canggung, tapi setelah terbiasa, Mom pasti nggak akan bingung lagi. Menjadi ibu adalah proses belajar sepanjang hayat, jadi semangat terus, ya Mom! Kalau Mom sedang cari-cari keperluan bayi dari mulai baju, bedong, selimut atau handuk, Mom bisa coba browsing di Cuitbabywear. Nggak hanya keperluan bayi, baju untuk Mom yang sedang menyusui pun tersedia. Bahannya dipastikan aman dan nyaman karena menggunakan teknologi Hi-Breath yang mempunyai 3 fitur yaitu Super Soft, Breathlable, dan Fast Dehydrating. Jadi, tunggu apalagi Mom? Cepetan belanja keperluan bayi dan Mom di CUIT!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.