Ibu Menyusui, Ini Nih 7 Tips untuk Meningkatkan Kualitas ASI

ibu menyusui

Cuitbabywear.com – Bagi para ibu baru, salah satu topik yang sering ditanyakan adalah cara ibu menyusui. Ini tidak mengherankan karena menyusui adalah hal pertama yang akan Mom lakukan setelah melahirkan. Jadi wajar kalau Mom khawatir tidak bisa menghasilkan air susu yang cukup dan berkualitas. Pertanyaan yang paling umum ditanyakan ibu baru biasanya adalah cara untuk meningkatkan suplai, menjaga kualitas, juga penyimpanan ASI.

Ada banyak saran yang bisa didapatkan di internet untuk ibu menyusui, khususnya untuk Mom yang sangat ingin menghasilkan susu yang cukup dan bergizi untuk menjaga kesehatan anak. Ingin meningkatkan suplai dan kualitas ASI Mom secara alami? Baca terus tips berikut ini yang sudah CUIT rangkum dari berbagai sumber:

1. Jangan Stres

Mom sudah membawa adik bayi dalam perut selama sembilan bulan dan kemudian melahirkannya. Ini merupakan sebuah proses yang bisa sangat melelahkan, tapi sekaligus menggembirakan. Nah, sekarang Mom harus memberi makan manusia kecil ini. Sebagai ibu menyusui yang belum berpengalaman, Mom berharap proses menyusui akan semudah menempelkan puting susu pada bayi. Namun kenyataannya tak selalu sesederhana itu.

Kalau Mom mengalami kesulitan menyusui dalam beberapa hari pertama, cobalah untuk tetap tenang. Singkirkan semua pikiran negatif karena Mom belum bisa menyusui. Menyusui merupakan hal baru bagi Mom yang baru pertama kali mempunyai bayi. Demikian halnya dengan bayi yang baru mulai belajar untuk menyusui. Dikarenakan hal ini baru untuk keduanya, maka proses ini memerlukan waktu dari masing-masing untuk saling menyesuaikan diri. Tidak perlu khawatir ataupun terburu-buru, yang terutama keduanya harus merasa nyaman dan dapat menikmati kegiatan menyusui tersebut. Hal ini karena pada esensinya menyusui bukan hanya sebuah proses untuk memberikan nutrisi yang cukup untuk anak, tapi juga utamanya sebagai proses untuk menciptakan serta mempererat bonding antara ibu dan bayinya.

Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya menciptakan suasana yang nyaman agar keduanya dapat menikmati proses menyusui ini secara nyaman. Memilih pakaian bagi ibu menyusui dan bayinya yang tepat akan memberikan kenyamanan untuk keduanya karena pakaian yang kurang tepat juga akan membuat bayi tidak nyaman saat menyusu.

Koleksi CUIT untuk Busui

CUIT mempunyai koleksi baju busui friendly yang juga dapat mulai dipakai dari periode hamil, dengan bahan yang nyaman tentunya akan memudahkan maupun memberi kenyamanan ekstra dalam mendampingi aktivitas menyusui tersebut, Mom tidak usah ribet buka kancing atau resleting ketika akan menyusui. Terbuat dari berbagai bahan alami, diantaranya Organic Bamboo Cotton maupun Premium Viscose yang masing–masing memiliki berbagai keunggulan dalam kenyamanan teknologi bahan Hi-Breath khas CUIT. Kini tak hanya si kecil yang dapat merasakan kenyamanan ekstra untuk kulit sensitifnya, Moms juga. Moms bisa merasakan koleksi – koleksi pakaian busui yang lembut, adem, mudah menyerap keringat hingga antibakteri yang dirancang sama seperti koleksi si kecil. Dengan teknologi Hi-breath yang digunakan dalam setiap produk CUIT, pastinya akan membuat Mom nyaman sepanjang hari.

2. Variasikan buah dan sayuran

Buah dan sayuran yang berbeda mempunyai kandungan vitamin serta mineral yang berbeda pula. Jadi memvariasikan buah dan sayuran untuk ibu menyusui akan memberi bayi vitamin juga mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan yang sehat. Selain itu, hal ini juga akan membantunya terbiasa mengkonsumsinya di masa depan saat Mom mulai memberi makanan pendamping ASI. Namun, Mom harus hati-hati dengan makanan yang mengandung gas dan pedas. Makanan seperti ini bisa menyebabkan perutnya kembung karena banyak angin dan membuatnya iritasi. Makanan yang mengandung gas di antaranya kubis, kacang-kacangan, brokoli dan kacang-kacangan.

3. Pentingnya kalsium

Kalsium merupakan salah satu vitamin terpenting untuk pertumbuhan bayi. Zat ini diperlukan untuk membuat tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga memiliki peran untuk fungsi sistem saraf yang sehat. Oleh karena itu, penting untuk ibu menyusui mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya kalsium misalnya yogurt dan susu rendah lemak, sayuran berdaun hijau tua, dan produk yang diperkaya contohnya sereal sarapan yang diperkaya gandum.

Baca juga: Agar Tumbuh Kembang Anak Baik, Latih dengan 5 Mainan Edukasi Ini

4. Konsumsi cukup air untuk 2 orang

Selama enam bulan pertama kehidupan bayi, Mom merupakan satu-satunya sumber hidrasi mereka. Karena bayi di bawah 6 bulan tidak boleh minum air, jadi ibu menyusui harus minum yang banyak untuk kalian berdua. Ini sangat penting karena tubuh Mom akan membutuhkan air untuk terus memproduksi air susu. Berapa banyak jumlah air yang dibutuhkan? Jumlah yang Mom butuhkan bisa sangat bervariasi bergantung pada cuaca, diet, atau olahraga. Umumnya Mom akan menjadi lebih haus ketika menyusui, jadi perhatikan rasa haus Mom dan siapkan gelas di dekat tempat Mom menyusui setiap hari.

5. Aktif bergerak

Foto: Pxhere

Dikutip dari laman situs Australian Breastfeeding Association, bagi banyak ibu menyusui, olahraga merupakan bagian penting dari kehidupan mereka. Jalan kaki merupakan bentuk olahraga yang umum. Berdasarkan penelitian terbaru, tidak apa-apa bagi Mom untuk melakukan aktivitas fisik ketika menyusui dan aktivitas ini tidak akan memengaruhi pertumbuhan bayi. Cobalah lakukan aktivitas dengan intensitas sedang 3 atau 4 kali seminggu. Selain membantu meningkatkan tingkat energi juga membangun kekuatan tulang, aktivitas fisik bisa mengurangi tingkat stres.

6. Konsumsi cukup kalori

Mungkin Mom sering mendengar kalau ibu menyusui membutuhkan tambahan 500 kalori per hari. Sama seperti asupan air, ini merupakan jumlah rata-rata. Masuk akal jika Mom membutuhkan kalori lebih banyak saat Mom menyusui dibandingkan sebelum Mom hamil dan melahirkan. Cara terbaik untuk memastikan apakah Mom mendapatkan cukup kalori bukan dengan menghitung jumlah kalori yang tepat, tapi dengan mendengarkan tubuh sendiri. Jika Mom merasa lapar, Mom harus makan.

Bagaimana kalau Mom merasa lapar terus-menerus? Mom perlu menambah jumlah makanan yang dikonsumsi dan pastikan Mom mengkonsumsi makanan berkualitas baik yang bisa memberikan nutrisi bagi tubuh Ibu menyusui. Perhatikan apa yang Mom konsumsi untuk mengisi bahan bakar tubuh karena ini semua tentang kesehatan Mom dan bayi. Oh, iya Mom, jangan merasa khawatir kalau mengalami penurunan berat badan dalam beberapa bulan pertama sesudah melahirkan. Itu biasa.

7. Makan makanan seimbang

Foto: Maxpixel

Apa yang dimaksud dengan makanan yang seimbang? Makanan yang seimbang adalah campuran protein, karbohidrat dan lemak. Setengah piring sayuran, seperempat protein, seperempat biji-bijian, dengan porsi lemak merupakan pedoman yang baik. Makan makanan yang seimbang bukan hanya penting untuk meningkatkan suplai ASI, tapi ini lebih tentang memberi energi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan semua tugas, termasuk menjadi ibu menyusui. Selain itu, apa yang Mom makan akan mempengaruhi kualitas ASI dan pastinya Mom ingin memastikan bayi mendapatkan ASI dengan kualitas yang baik.

Bagi Mom yang baru pertama jadi ibu menyusui, pastinya akan mengalami beberapa tantangan baru. Namun jangan menyerah, pasti Mom akan bisa melaluinya dengan baik. Semangat terus ya Mom! Kalau Mom sedang bingung mencari pakaian yang nyaman untuk menyusui tanpa harus ribet, coba cek koleksi Cuitdailywear dari Cuitbabywear. Mom pasti akan menemukan pakaian yang membuat Mom nyaman saat hamil maupun menyusui. Jangan ragu Mom. Segera cek koleksinya, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.