10 Aktivitas Sederhana Untuk Meningkatkan Bonding Ibu dan Anak

ibu dan anak

Cuitbabywear.com – Mom pasti setuju kalau ikatan ayah, ibu dan anak merupakan hal yang penting. Perhatian positif mengkomunikasikan kepada anak bahwa bagi Mom mereka itu berharga. Perhatian itu bisa sesederhana senyuman, kata-kata yang menyemangati, atau duduk dan bermain bersama. Menghabiskan waktu bersama anak menunjukkan bahwa mereka dicintai dan ini akan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Memiliki ikatan dengan orang tua mereka, akan membantu mereka untuk mengembangkan rasa memiliki  dan membangun identitas serta rasa diri yang positif.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bonding antara ayah, ibu dan anak. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Membaca & Mendongeng

Cara sederhana untuk meningkatkan kemampuan baca dan bahasa anak adalah dengan membaca bersama. Namun ternyata menurut penelitian, membaca bersama anak juga akan merangsang pola perkembangan otak yang bertanggung jawab untuk koneksi dan ikatan. Ini bisa dipahami karena saat membaca bersama biasanya ibu dan anak akan melibatkan pelukan, kontak mata, dan emosi bersama.

Untuk anak yang belum bisa membaca, Mom bisa membacakan dongeng. Tahukah Mom, ternyata membacakan dongeng itu baik untuk perkembangan psikologi anak. Untuk lebih menarik perhatian anak, Mom bisa coba menggunakan boneka tangan. Mom bisa cek produknya di CUIT. Jika Mom menjadikan membaca bersama sebagai prioritas di keluarga, Mom sudah memanfaatkan cara yang luar biasa untuk menjalin ikatan dengan anak.

2. Kegiatan Seni

Cara yang baik untuk memberikan tidak hanya pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga terapi adalah melibatkan anak dalam kegiatan seni atau kerajinan. Berapapun usianya, anak akan selalu tertarik dengan kegiatan seni. Ketika terlibat dalam proses kreatif dengan anak-anak, orang tua memberikan kesempatan pada anak untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka. Ini merupakan dasar untuk membesarkan anak yang cerdas secara emosional. Aktivitas ini khususnya berlaku untuk anak-anak yang lebih kecil, yang belum bisa mengungkapkan emosi kompleks mereka secara verbal.

3. Memasak

 

Ketika ibu dan anak melakukan aktivitas memasak atau membuat kue bersama, ini selalu menjadi momen yang menyenangkan. Anak-anak biasanya akan senang berpartisipasi dalam sesuatu aktivitas yang dilakukan orang dewasa, misalnya memasak. Selain mengajarkan mereka keterampilan hidup untuk bisa berhasil di kemudian hari, memasak di rumah juga akan menghemat uang dan mendapatkan makanan yang lebih sehat. Tak hanya itu, memasak bisa menjadi hiburan yang santai dan kreatif setelah hari yang sibuk.

4. Bermain Musik

Apakah itu bermain alat musik atau menari bersama, musik menawarkan banyak manfaat bagi orang tua dan anak, termasuk membawa kesadaran kita ke dalam tubuh kita. Pastinya ibu dan anak akan asyik dalam aktivitasnya dan lupa dengan semua yang sudah dikerjakan sebelumnya karena fokus pada musik. Jika keluarga Mom suka bermain musik atau bernyanyi, kegiatan ini bisa jadi family time. Pastinya seru dan mengasyikkan.

5. Bermain

Bermain dengan anak tidak perlu mengeluarkan biaya dan tidak perlu susah-susah. Tujuan utama bermain dengan anak adalah untuk bersenang-senang dan menikmati kebersamaan satu sama lain. Ini akan memberi Mom kesempatan untuk bersantai, menjadi kreatif, menggunakan imajinasi dan memberi Mom kesempatan untuk memperkuat hubungan antara ibu dan anak. Mom bisa mencoba permainan edukasi, misalnya membuat bangunan atau benda dengan menggunakan lego atau play-doh. Bisa juga bermain tangkap bola untuk merangsang saraf motoriknya. Oh iya, CUIT punya bola edukasi maupun rattle yang dibuat dari bahan yang lembut dan sudah tersertifikasi SNI dan SGS sehingga aman untuk bayi baru lahir sekalipun. Apapun permainnya yang penting harus membawa keceriaan dan tawa untuk Mom dan anak.

6. Makan Malam

Karena kesibukan terkadang jarang sekali bisa makan bareng. Namun ternyata makan malam bersama sudah terbukti bermanfaat untuk ikatan keluarga dan harga diri anak-anak. Berbagi makanan sambil duduk mengelilingi meja memberikan kesempatan sempurna untuk memunculkan percakapan dan mengenal satu sama lain lebih baik. Anak-anak merasa aman ketika makan bersama keluarga menjadi rutinitas. Anak-anak juga akan belajar lebih banyak tentang orang tua mereka sementara orang tua akan menemukan sesuatu yang tidak mereka ketahui tentang anak-anak mereka.

7. Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Hmm … yakin mengerjakan rumah bersama bisa membuata ikatan antara ayah, ibu dan anak? Mendengar kata tugas sepertinya tidak terkait dengan hal yang menyenangkan. Namun kerja tim yang diperlukan untuk membersihkan rumah dapat membangun kekompakan keluarga jika tugas diberikan kepada anak-anak dengan cara yang memberdayakan dan membangun rasa memiliki mereka. Pekerjaan rumah bisa menjadi sedikit lebih menyenangkan jika semua orang bekerja sambil mendengarkan musik.

Baca juga: 10 Produk Rekomendasi Untuk Kado Bayi Baru Lahir, Simak Yuk!

8. Beraktivitas di Luar

Menghabiskan waktu di luar bermanfaat bagi semua orang termasuk orang dewasa dan anak-anak. Aktivitas ini bisa memperbaiki suasana hati dan memberikan ruang yang sempurna untuk membakar energi dan menjadi aktif. Keluarga bisa berenang, mendaki, berkemah, atau berkunjung ke kebun binatang. Bahkan piknik sederhana pun bisa menyatukan keluarga.

9. Berbicara dari Hati ke Hati

Bicarakan dengan anak mengenai apa yang mereka rasakan. Tanyakan kepada mereka bagaimana perasaan mereka tentang pengalaman tertentu. Tanyakan kepada mereka apa yang membuat mereka merasa seperti itu. Anak-anak akan merasa didengarkan dan pengalaman mereka diakui, yang merupakan bagian besar dari ikatan ayah, ibu dengan anak. Berbicara dari hati ke hati juga akan membantu mereka memahami apa yang mereka rasakan. Selain itu, berbicara dengan anak tentang perasaan mereka dan membantu mereka menemukan cara untuk mengekspresikan perasaan mereka dengan cara yang sehat, akan membantu anak mempelajari keterampilan berharga yang akan berguna bagi mereka sepanjang hidup mereka.

10. Menonton Film

Biasanya tiap anggota keluarga akan menonton di kamar mereka masing-masing. Nah, mungkin Mom bisa mencoba untuk membuat acara nonton bersama untuk keluarga di akhir pekan. Mom bisa memilih film yang dapat dinikmati semua anggota keluarga. Tanyakan kepada setiap orang film apa yang ingin mereka tonton dan beri setiap orang kesempatan untuk memilih salah satu film favorit mereka. Untuk melengkapi acara menonton film bersama, sajikan popcorn agar serasa berada di bioskop.

Gimana Mom ide kegiatannya? Mudah dan nggak perlu biaya banyak. Mom sedang mencari alat untuk digunakan untuk bermain dengan anak? Coba cek produk edukasi dari Cuitbabywear. Karena dibuat dari bahan yang ramah anak, tentunya akan aman ketika digunakan saat bermain. Selamat bersenang-senang, Mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.