6 Cara Melipat Baju Agar Hemat Tempat

melipat

Cuitbabywear.com – Meskipun terlihat simple, pekerjaan menata lemari pakaian tidak bisa dianggap remeh. Pekerjaan ini bisa menghabiskan banyak waktu kalau Mom tidak tahu bagaimana cara melipat pakaian. Dengan beragam jenis pakaian yang dimiliki, Mom harus bisa membuat semuanya masuk dalam lemari. Bila tak bisa menatanya dengan benar, pakaian tersebut akan terlihat menumpuk tak beraturan.

Karenanya, Mom akan butuh tips khusus untuk melipat pakaian yang benar sehingga lemari akan bisa menampung lebih banyak.  Tips berikut ini akan membantu menghemat tempat penyimpanan yang signifikan sambil menjaga semuanya tetap rapi.

1. Coba Metode Konmari

Mom sudah dengar metode konmari? Sekarang ini metode tersebut banyak dibahas tak hanya dalam artikel tapi juga video di Youtube. Videonya sudah banyak bertebaran sehingga tak sulit mencarinya. Sebenarnya apa itu metode konmari?

Ini adalah metode berbenah ala Marie Kondo. Dia merupakan seorang konsultan kerapian asal Jepang. Dalam bukunya yang berjudul The Life Changing Majic of Tidying Up, Marie memperlihatkan beragam seni beres-beres yang bisa memaksimalkan ruang serta membuat rumah jadi nampak lebih rapi.

Untuk bisa memaksimalkan tempat penyimpanan pakaian, salah satunya yaitu memilah serta menempatkan barang sesuai kategori, melipat baju dan menyimpannya secara tegak. Yang penting adalah hanya menyimpan barang yang perlu dan membawa kebahagiaan untuk pemiliknya.

2. Melipat Baju dengan Menggulung

Untuk menghemat penggunaan ruangan di lemari serta membuat pakaian tetap rapi yaitu dengan melipat semua pakaian dengan cara menggulungnya. Mungkin menggulung pakaian belum menjadi metode yang umum, akan tetapi metode ini baik sekali dicoba karena bisa menghemat ruang dalam lemari. Semua pakaian pada dasarnya harus dilipat dengan metode digulung termasuk untuk pakaian dalam dan kaus kaki. Sementara itu, pakaian yang besar seperti t-shirt pendek dan panjang, sweater, celana jeans serta jenis pakaian lainnya harus dilipat ke arah dalam. Kemudian dijadikan dua lipatan dari arah atas ke bawah. Setelah itu, dari bagian tengah lipat lagi ke atas. Kebiasaan merapikan pakaian seperti ini sudah digunakan dalam cara melipat pakaian gaya Marie Kondo.

3. Melipat Kemeja Lengan Panjang

Foto: Hippopx.com

Selama ini mungkin Mom lebih memilih untuk menggantung kemeja lengan panjang yang justru cukup memakan ruang. Ada baiknya Mom mulai beralih dari menggantung ke melipatnya. Pakaian yang digantung akan memerlukan ruang yang lebih banyak, padahal Mom bisa memasang sekat tambahan kalau kemejanya ditata dengan cara dilipat.

Apabila kemeja bisa dilipat dengan cara yang benar, ini akan mencegah kemeja dari kusut. Agar kemeja tetap nampak rapi, pastikan kamu sudah mengancingkan kancingnya sebelum melipatnya.

4. Melipat Sweater 2 Kali

Jangan menyimpan sweater dengan cara menggantungnya karena cara ini akan membuat sweater jadi tertarik ke bawah hingga akan membuat sweater jadi kendur. Karenanya pilihan terbaik adalah melipat sweater dengan rapi. Caranya yaitu dengan menyatukan kedua lengan sweater ke bagian tengah sehingga membentuk garis diagonal. Kemudian, lipat bagian bawah sweater ke atas sehingga jadi dua bagian yang sama besar. Hindari membuat terlalu banyak lipatan karena bisa mengakibatkan sweater jadi kendur.

5. Melipat Jeans 3 kali

Foto: ds_30/pixabay.com

Celana jeans bisa membuat frustasi saat menyimpannya karena cenderung memakan tempat. Umumnya orang akan melipat celana jeans 2 kali saja. Cara itu ternyata keliru karena jadinya jeans tidak terlalu tebal untuk bisa disusun secara horizontal. Akhirnya jadi susah ketika celana jeans akan disimpan dalam lemari. Cara yang direkomendasikan adalah dengan melipat bagian kiri ke bagian kiri atau sebaliknya. Sesudah itu lipat celana dari bagian bawah ke arah atas hingga dekat pinggang. Kemudian lipat bagian bokong yang menonjol dengan memasukannya ke dalam lipatan di atasnya. Selanjutnya lipat lagi celana dari bagian tengah sampai ke pinggang hingga lipatan celana itu dapat berdiri dengan tegak di dalam lemari pakaian.

Baca juga: Amankah Detergent Dewasa Dipakai Untuk Kulit Bayi?

6. Melipat T-shirt dengan Menggulungnya

Biasanya Mom lebih sering melipat t-shirt saja tanpa menggulungnya. Sebenarnya agar tidak memakan tempat di lemari, t-shirt bisa digulung setelah dilipat. Caranya yaitu dengan meletakkan pakaian di permukaan datar. Balik bagian bawah t-shirt ke arah luar kemudian lipat ke atas sebesar ukuran cuff lengan kemeja. Sesudah itu lipat bagian kanan dan kiri t-shirt ke arah tengah. Kemudian mulai dari leher, gulung ke bawah t-shirt dan tarik bagian cuff untuk menutup gulungan.

Menata pakaian di dalam lemari ternyata akan memberikan dampak yang besar untuk kerapian isi lemari. Banyak teknik yang bisa menjadi pilihan, seperti gayanya Marie Kondo yang sangat terkenal. Saat merapikan pakaian biasanya Mom akan menemukan pakaian Mom dan si kecil yang sudah kekecilan atau rusak dan Mom butuh yang baru. Mom bisa cek produk Cuitbabywear. CUIT punya koleksi pakaian untuk ibu hamil, menyusui, bayi, balita, anak sekolah maupun para ayah dan pamannya yang dijamin nyaman ketika dipakai karena bahan yang digunakannya menggunakan teknologi Hi-Breath. Bahan pakaian super lembut dan mudah menyerap cairan. Jadi Mom dan si kecil akan nyaman mengenakannya. Yuk, Mom segera cek koleksi CUIT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.