Penyebab Kulit Bayi Jadi Merah dan Cara Mengatasinya

kulit bayi

Cuitbabywear.com – Mom pasti khawatir kalau mendapati kulit bayi mungil di rumah terlihat memerah. Ruam merah pada bayi umumnya selalu muncul pada anak bayi yang baru saja lahir. Di tahun pertamanya, kulit bayi bisa menjadi rentan sekali terhadap gangguan apapun. Hal itu karena lapisan kulit bayi yang baru lahir masih sensitif juga belum sempurna. Agar kulit epidermis anak bisa berkembang dan berfungsi dengan baik, dibutuhkan beberapa waktu.

Jenis – Jenis Ruam

Foto: Alpha/Flickr.com

Berbeda dengan orang dewasa, kulit bayi tipis sekali. Selain itu ikatan antar selnya juga lemah sekali juga sangat halus. Pigmen kulitnya juga sedikit dan tak bisa mengatur suhu layaknya orang dewasa. Kulit si kecil mengalami beberapa masalah yang membuatnya terlihat merah. Berikut ini jenis ruam dan cara mengatasinya.

1. Biang Keringat

Biasanya biang keringat muncul di bagian leher, punggung, wajah, dan juga bagian bokong bayi yang tertutup popok. Pada kulit terlihat adanya kemerahan juga gelembung-gelembung kecil disertai rasa gatal yang bisa membuat bayi jadi rewel. Munculnya biang keringat ini karena udara yang panas serta juga karena tingkah si bayi saat beraktivitas.

Cara mengatasi kulit bayi yang mengalami biang keringat adalah dengan memakaikan pakaian yang longgar dan berbahan alami yang menyerap keringat. Untuk pakaian dengan bahan seperti ini bisa Mom dapatkan di Cuitbabywear. Dengan teknologi Hi-Breath-nya, dijamin bahan pakaian bayi super lembut, mudah kering dan menyerap keringat.

Mom bisa juga gunakan juga krim pencegah ruam popok yang bisa mencegah munculnya biang keringat (yang umumnya muncul di bokong) pada bayi. Selain itu ada juga Allantoin yang fungsinya untuk melindungi kulit bayi yang juga anti iritasi. Sementara untuk mengurangi gatal juga iritasi yang diakibatkan oleh penggunaan popok, gunakan Chamomile atau Witch Hazel Extract.

2. Newborn acne

Mungkin kebanyakan orang akan berpikir kalau jerawat hanya dialami oleh orang dewasa saja. Ternyata bayi pun bisa mengalami tumbuh jerawat di wajah. Jerawat ini biasanya berwarna merah dan akan muncul kira-kira usia 2-6 minggu sesudah bayi lahir. Menurut American Academy of Dermatology, kurang lebih 20% newborn akan mengalami kondisi kulit yang seperti ini. Umumnya jerawat akan muncul di hidung, pipi, dagu serta bagian wajah yang lain dikarenakan perubahan hormonnya. Kalau si kecil Mom mengalami kuilt seperti ini, Mom tak perlu khawatir karena masalah kulit itu akan hilang dalam waktu beberapa minggu atau bulan. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, Mom cukup basuh dengan lembut kulit bayi yang ada jerawatnya.

Baca juga: Mau Uang Tambahan? Yuk, Coba Bisnis Baju Bayi & Anak, Mom!

3. Ruam Popok

Ruam popok yaitu kondisi kulit si kecil yang terlihat memerah, kering serta terdapat peradangan pada kulit. Kondisi ruam popok akan dialami oleh setiap bayi karena kondisi ini wajar juga tidak berbahaya. Bintik merah pada kulit yang tertutup popok itu penyebabnya adalah akibat kulit si kecil yang selalu bersentuhan dengan air kencing atau BAB yang terlalu lama tidak dibersihkan. Ini terjadi karena popok bayi jarang atau bahkan tidak diganti. Mom harus lebih sering periksa dan ganti popok bayi, disarankan maksimal 3-4 jam sekali. Ruam popok bayi bisa mengakibatkan demam jika tak segera diatasi. Mom harus lebih waspada juga teliti dengan si Kecil.

4. Intertrigo

Foto: Pxhere.com

Kondisi kulit kemerahan ini biasanya terjadi di lipatan-lipatan pada tubuh, umumnya di bagian ketiak, paha juga perut. Lipatan ini akan membuat kulit jadi berwarna merah, si kecil pun akan merasa gatal, dan ketika terjadi gesekan akan terasa sakit sekali. Biasanya anak baru lahir yang menderita masalah kulit seperti ini adalah mereka yang bertubuh gemuk sehingga menimbulkan lipatan lebih pada si kecil. Selain itu, bagian kulit tersebut jarang terkena angin sehingga jadi lembab. Untuk menghilangkan kemerahan itu bisa dengan mencuci lipatan-lipatan kulit bayi menggunakan air, kemudian angin-anginkan sebentar.

5. Selulitis

Ini adalah suatu kondisi infeksi yang terjadi pada jaringan kulit. Perlu Mom ketahui kalau alergi dan penyakit kulit seperti ini dianggap cukup serius dan harus segera diatasi. Saat kulitnya dipegang, si kecil akan merasa kesakitan. Kulit akan terasa panas bahkan sampai membengkak disertai dengan munculnya warna kemerahan pada kulit. Paling sering selulitis muncul di bagian kaki. Namun bisa juga terjadi pada bagian tubuh yang lain. Alergi kulit ini bisa sering terjadi dan dengan cepat nyebar pada bagian tubuhnya lainnya. Jadi Mom harus lebih waspada.

Bayi Rentan Mengalami Kekeringan

Ada lagi masalah yang biasa dialami si kecil Mom. Kulit bayi masih sensitif tipis dan mudah kering. Jika kulit bayi kering, bayi akan lebih mudah mengalami infeksi kulit, iritasi, gatal maupun luka. Penggunaan moisturizing cream secara rutin disarankan untuk menjaga kulit bayi dapat senantiasa lembap.

Kekeringan pada kulit bayi bisa juga disebabkan karena penggunaan AC di dalam ruangan, terlalu seringnya mandi, ataupun pemakaian sabun yang tidak cocok dengan kulit bayi. Oleh karena itu Moms disarankan teliti dalam memilih produk perawatan yang tepat untuk bayi.

CUIT bekerjasama dengan Seger Baby mempunyai produk Newborn Moisturizing Cream yang terbuat dari bahan natural Extra Virgin Olive Oil dan Chamomile, terbukti membantu menghaluskan kulit bayi yang kering dan membantu meredakan ruam dan gatal pada kulit bayi.

Bahannya yang alami ini juga dikemas tanpa parfum maupun alkohol, menjadikannya aman digunakan untuk kulit bayi sensitif, juga sudah memiliki Baby Facial Cream Grade dari BPOM sehingga aman untuk digunakan pada area kulit wajah bayi baru lahir sekalipun.

Si kecil yang memiliki kulit sensitif tentunya membuat Mom harus ekstra hati-hati supaya mereka tak mengalami ruam atau masalah kulit kemerahan lainnya. Untuk itu ketika memilih pakaian mereka pun Mom harus pastikan bahannya super lembut dan menyerap keringat seperti koleksi baju bayi di Cuitbabywear. Dengan bahan yang menggunakan teknologi Hi-Breath, dipastikan bayi-bayi akan terasa aman dan nyaman. Segera berbelanja di Cuitbabywear dan jangan sampai ketinggalan promo dan diskonnya ya, Mom!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.