Agar Tumbuh Kembang Anak Baik, Latih dengan 5 Mainan Edukasi Ini

tumbuh kembang anak

Cuitbabywear.com – Salah satu hal yang membahagiakan bagi seorang ibu adalah melihat tumbuh kembang anak yang baik. Iya ‘kan, Mom? Tidak heran jika seorang ibu ingin mengabadikan pertumbuhan anak, baik itu melalui video atau foto seolah tidak ingin ketinggalan setiap hal baru yang dilakukan sang buah hati.

Tumbuh kembang anak yang baik dapat dilihat dari kemampuan motorik halusnya. Hal itu juga dapat mendukung kemandirian si buah hati. Sayangnya, hal ini sering dianggap sepele padahal menstimulasi kemampuan motorik anak seperti menggerakan tubuh dengan aktivitas tertentu yang merangsang syaraf, otot dan tulang adalah dibutuhkan agar dapat memaksimalkan proses pertumbuhannya.

Nah, beberapa contoh mainan anak yang dapat menstimulasi kemampuan motorik halus anak akan CUIT paparkan di sini. Berikut ini informasi menariknya, Mom.

1. Bola Edukasi

Main edukasi yang pertama untuk melatih motorik halus anak adalah dengan bermain bola edukasi. Bola edukasi berbeda dari bola yang lazim kita mainkan karena ia didesain untuk menunjang tumbuh kembang anak dengan melatih logika dan mengenal berbagai macam bentuk. Bola edukasi terdiri dari dua bagian, yakni puzzle yang berbentuk segi empat, segitiga, bulat dan sebagainya yang jika disatukan akan membentuk bola yang lengkap dan bundar sempurna.

Knit ball juga termasuk mainan edukasi yang bisa dimanfaatkan untuk melatih motorik halus anak. Selain itu, Mom bisa juga gunakan bola plush ball doll produk dari CUIT. Tak hanya bagus untuk digunakan melatih motorik anak, bola ini juga aman karena terbuat dari bahan yang lembut. Bola bundar biasanya bisa jadi mainan seru buat si kecil untuk melatih motorik halusnya.

2. Pasir Kinetik

Bermain pasir adalah salah satu permainan yang disukai anak. Dihadiahi satu set cetakan pasir dan pasir buatan saja, anak akan merasa senang. Sekilas anak terlihat bermain dengan pasir dan cetakannya: membentuk, mengaduk, menghancurkan pasir yang telah dibentuk, padahal oto-otot dan tulang di dalam tubuhnya sedang dilatih. Selan itu, ia akan berimajinasi ini itu dan mewujudkannyan pada bentuk-bentuk pasir yang dicetaknya. Siapa yang tidak senang melihat anak bahagia dan tumbuh kembang anak terpantau dengan baik lewat permainan menyenangkan seperti ini?

3. Kertas Origami

Melibatkan diri dengan ikut bermain bersama anak dapat menjadi momen di mana Mom bisa melihat tumbuh kembang anak setiap hari. Bermain sambil melatih motorik anak bisa dilakukan dengan menggunakan kertas origami seperti ini. Mom dapat menyediakan kertas origami khusus atau kertas kosong biasa yang ada. Ajari si kecil melipat-lipat kertasnya, bisa dengan bentuk persegi panjang, segitiga atau bentuk apapun yang memungkin dibentuk dengan menggunakan kertas yang Mom gunakan. Permainan seperti ini dapat menguatkan otot-otot tangan dan jari anak.

4. Menyusun Balok dan Puzzle

Permainan lain yang bisa Mom lakukan bersama anak untuk melatih motorik halus anak adalah dengan menyusun balok dan puzzle. Siapkan satu set mainan balok dan ajak anak untuk pilih balok-balok yang ia sukai. Mintalah si kecil untuk menyusuk balok-balok sampai bisa membentuk satu bentuk yang ia inginkan. Motorik anak akan terlatih dengan baik dan tumbuh kembang anak dapat ditingkatkan dengan sempurna.

Baca juga5 Tips Memilih Baju Anak untuk Si Kecil yang Pemilih

5. Boneka Tangan

Meningkatkan tumbuh kembang anak tidak harus dengan cara yang serius dan formal lho, Mom. permainan yang menyenangkan dapat sekaligus membantu anak meningkatkan kemampuan motoriknya dengan permainan menyenangkan yang akan disukainya.

Dunia anak itu sebagian besar isinya bermain. Akan tetapi bukan sekadar bersenang-senang. Bermain dengan anak sebaiknya dilakukan dengan melakukan permainan edukatif yang dapat meningkatkan keterampilan. Salah satunya adalah dengan boneka tangan atau hand puppet. Secara alami, boneka itu menarik karena bentuk dan karakternya. Dengan menceritakan satu kisah yang diperankan oleh boneka tangan, perhatian anak akan tertarik dan Mom dapat menyelipkan cerita sederhana mengenai nilai-nilai tertentu. Mom bisa gunakan boneka tangan dari CUIT yang lucu dan aman untuk anak.

Menyadari penting dan serunya bermain bagi anak-anak, Cuitbabywear menghadirkan koleksi mainan edukatif yang bisa jadi pilihan. Semua mainan tersebut didesain aman untuk bayi dan anak. Selain itu bahannya juga sangat lembut jadi Mom tak perlu khawatir mainannya akan membahayakan. Bagaimana, tertarik Mom?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.